Manfaat vaksinasi COVID-19 jauh lebih besar dibandingkan potensi efek samping yang ditimbulkan.


Jakarta, IMI
- (08/02/2022) di lansir dari laman Instagram Kemenkes_RI, manfaat vaksinasi COVID-19 jauh lebih besar dibandingkan potensi efek samping yang ditimbulkan.

Hasil penelitian RSPI Sulianti Saroso menunjukkan vaksinasi dosis lengkap mampu menurunkan angka kesakitan dan kematian pada pasien COVID-19 yang bergejala sedang-berat yang menjalani perawatan di RS.

Dari data sampel 12 pasien yang dirawat dengan gejala sedang-berat, 6 pasien belum divaksinasi dimana 3 diantaranya meninggal dunia. 

 Sementara 6 pasien lain yang telah divaksinasi dosis lengkap berhasil pulih dari infeksi COVID-19.

Seluruh pasien teridentifikasi memiliki setidaknya satu penyakit penyerta, hal ini turut memperburuk kondisi pasien sehingga membutuhkan perawatan intensif.

Meskipun gejala varian Omicron tergolong lebih ringan dibandingkan varian Delta, vaksinasi harus terus digencarkan untuk memberikan perlindungan bukan hanya diri sendiri tetapi orang sekitar terutama kelompok rentan seperti lansia, anak-anak dan orang dengan penyakit penyerta. 

 Jangan sampai keenganan kita melakukan vaksinasi COVID-19, justru membahayakan keselamatan orang lain. Efek samping vaksin jauh lebih kecil dibanding risiko infeksi COVID-19.

Yuk segera vaksinasi dosis lengkap. Lebih cepat divaksinasi, lebih cepat juga masyarakat terlindungi. Lebih cepat juga pandemi COVID-19 berakhir. (Red)

 

Diberdayakan oleh Blogger.